Monday, November 21, 2016

Kwan Hwie Lion : Batik Klasik Sogan Batangan

Kwan Hwie Lion : Batik Klasik Sogan Batangan - Hallo sahabat Batang Untuk indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kwan Hwie Lion : Batik Klasik Sogan Batangan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Batang, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kwan Hwie Lion : Batik Klasik Sogan Batangan
link : Kwan Hwie Lion : Batik Klasik Sogan Batangan

Baca juga


Kwan Hwie Lion : Batik Klasik Sogan Batangan


Kwan Hwie Lion : Batik Klasik Sogan Batangan

Batik Klasik Sogan Batangan

Motif: Buntal Latar Kawung

Menurut  Kwan Hwie Lion Batik ini kemungkinan besar dipakai dalam ritual tradisional di Batang seperti pernikahan, tolak bala, dll pada masa lampau. Studi pemetaan juga sudah dilakukan oleh Kwan untuk menggali fungi lain dari kain ini akan tetapi belum sampai pada kesimpulan akhir.

Satu hal yang disayangkan terkait pelestarian batik ini  karena tidak ada regenerasi pembatik sogan Batangan (termasuk pembuat batik motif Buntal Latar Kawung) sampai saat ini, salah satu Pembatik sogan Batangan termuda saat ini sudah berusia sekitar 65 tahun. 

"Tanpa upaya keras untuk penyelamatannya, dijamin batik sogan Batangan akan punah dalam waktu paling lama 20 tahun dari sekarang" jelas kwan.

Melihat kondisi seperti ini sebagai warga Batang sudah sepatutnya kita ikut menjaga dan melestarikan kekayaan leluhur kita jangan sampai punah. 


Batik Klasik Sogan Batangan
Motif: Buntal Latar Kawung

Batik Klasik Sogan Batangan

Batik Klasik Sogan Batangan




Demikianlah Artikel Kwan Hwie Lion : Batik Klasik Sogan Batangan

Sekianlah artikel Kwan Hwie Lion : Batik Klasik Sogan Batangan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kwan Hwie Lion : Batik Klasik Sogan Batangan dengan alamat link http://batanguntukindonesia.blogspot.com/2016/11/kwan-hwie-lion-batik-klasik-sogan.html

SHARE THIS

Author:

0 comments: